Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 Modul 1 "Pengenalan Java"


LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 1
“Pengenalan Java
Dosen : Dede Irawan, M.Kom





Disusun Oleh:
Nama  : Meira Jamilah
NIM     : 20180910026
                  Prodi    : Sistem Informasi 2018 A




FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019
Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 “Pengenalan Java”. Adapun tujuan penulisan Laporan praktikum ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah bahasa pemrograman 1. Penulisan Laporan Praktikum ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca khususnya pada mata kuliah Bahasa pemograman 1 tentang Pengertian sejarah,karakteristik,kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman java,struktur dasar pemrograman java dan contohnya.
Meskipun dalam penyusunan paper ini penulis banyak menemukan kesulitan.Akan tetapi karena dorongan dan motivasi dari berbagai pihak laporan praktikum ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penulis menyadari bahwa pada penulisan laporan praktikum ini masih terdapat kekurangan.Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun.
Dan semoga laporan praktikum ini dapat bermanfaaat bagi semua pihak yang membacanya (aamiin).
Kuningan,13 Agustus 2019


Penulis


  

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................................. 
DAFTAR ISI.........................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN...................................................................................................... 
1.1 Latar Belakang........................................................................................................ 
1.2 Rumusan Masalah.................................................................................................. 
BAB II : PEMBAHASAN....................................................................................................... 
2.1 Pengertian Java....................................................................................................... 
2.2 Sejarah Java............................................................................................................ 
2.3 Karakteristik Java.....................................................................................................
2.4 Kelebihan dan Kekurangan Java............................................................................. 
2.5 Struktur Dasar Pemrograman Java dan Contohnya......................................................
2.6  Pembahasan Hasil Praktikum................................................................................ 
2.7 Post Test.................................................................................................................
BAB III : PENUTUP............................................................................................................... 
3.1 Kesimpulan........................................................................................................... 
3.2 Saran..................................................................................................................... 
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................ 


















BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan dunia informasi dan teknologi sangat cepat pada dasawarsa terakhir sejak dimulainya era millennium. Perkembangan itu salah satunya ditandai dengan keberadaan aplikasi java yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan aplikasi java sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, game dan sebagainya.
Selain keuntungan tersebut, keistimewaan lain aplikasi java adalah kemudahan akses atau pengoperasiannya yang dapat dilakukan siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Maka tidak mengherankan jika aplikasi java telah menjadi konsumsi publik sebagaian besar masyarakat Indonesia.
Keberadaan aplikasi java telah menghadirkan nuansa tersendiri di tengah masyarakat karena selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang paling ditonjolkan. Hal ini tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian kebutuhan masyarakat. Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat masa kini.
Salah satu aplikasi yang ditawarkan oleh java yang sekarang digemari adalah opera mini, Game hp dan aplikasi lainnya yang difungsikan sebagai media komunikasi dunia maya dan hiburan. jutaan penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini menjadikan aplikasi java sebagai alat komunikasi modern tanpa batas karena mengabaikan jarak, waktu,dan tempat.Sehingga aplikasi java sering di gunakan untuk kehidupan sehari dan orang tergantung dengan adannya aplikasi java.    
1.2 Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Java?
2.      Bagaimana mengenai sejarah Java?    
3.      Jelaskan Karakteristik bahasa pemrograman Java ?
4.      Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bahasa pemrograman Java?
5.     Apa itu struktur dasar pemrograman java dan contohnya ? 
6.     Bagaimana pembahasan hasil praktikumnya ?
7.      Bagaimana hasil post testnya ?






BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi

2.2  Sejarah Java
Bahasa pemrograman java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling, seorang ahli pemrograman yang bekerja di Sun Microsystem. Awalnya bahasa pemrograman ini diberi nama Oak. Yang mendapat inspirasi dari sebuah pohon yang berada di seberang kantornya. Akan tetapi nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya, maka kemudian Sun mengganti namanya menjadi java.
Nama java sendiri diinspirasi saat Gosling dan rekannya sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka menyebutkan kata java yang mengandung arti kopi. Akhirnya mereka sepakat untuk memberikan nama bahasa pemrograman tersebut dengan java.
Karena pada awalnya java ditujukan untuk pemrograman peralatan sederhana atau kecil, java memiliki karakteristik berukuran kecil, efisien, dan portabel untuk berbagai piranti keras. Salah satu dari proyek pertama yang dikembangkan menggunakan java sebuah remote kontrol yang diberi nama Star 7.
Pada saat yang sama, World Wide Web dan Internet berkembang sangat cepat. Gosling menyadari bahwa java dapat digunakan untuk pemrograman Internet. Selanjutnya java diarahkan untuk perkembangan Internet. Setelah melalui beberapa perubahan dan proses, Sun meluncurkan browser dari java yang disebut Hot Java yang mampu menjalankan applet. Teknologi ini kemudian diadopsi oleh Netscape. Beberapa waktu kemudian Internet Explorer juga mengadopsi teknologi tersebut, sehingga selain dapat dijalankan pada browser Netscape, program Java juga dapat dijalankan pada browser Internet Explorer.
Pada awal tahun 1996, Sun secara resmi meliris versi awal Java yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 (Java Development Kit versi 1.1). Perkembangan terus dilakukan, sehingga muncul versi terbaru yang disebut dengan Java 2. Perubahan utama antara versi 2 dengan versi sebelumnya adalah adanya swing yang merupakan teknologi Graphical User Interface (GUI) yang mampu menghasilkan aplikasi desktop yang benar-benar portabel.
Pada tahun 1998-1999 diluncurkan teknologi Java yang berbasis Enterprise yang disebut J2EE (Java 2 Enterprise Edition) J2EE adalah salah satu java family suite, yang menjadi standard penting untuk mengembangkan enterprise aplikasi multitier berbasis komponen. Kelebihan Java dalam lingkungan jaringan dan terdistribusi serta memiliki kemampuan multithreading, menjadikan Java cepat populer di lingkungan server.
Selain, teknologi berbasis server, applet, dan desktop, java juga mengembangkan teknologi berbasis mobile yaitu J2ME (Java 2 Micro Edition). Dengan J2ME ini, programmer dapat membuat aplikasi untuk perangkat bergerak.
2.3 Karakteristik Java
1. Sederhana.
Bahasa java menggunakan sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman C++ namun, sintaks pada bahasa pemrograman java telah banyak yang diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer relatif rumit dan multiple inheritance. Java menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
2. Berorientasi Objek
Java menggunakan pemrograman berorientasi object yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat juga dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi object memodelkan dunia nyata kedalam sebuah object dan dapat melakukan sebuah interaksi antar objek - objek.
3. Terdistribusi
Java dibangun untuk membuat sebuah aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang sudah terintegrasi dengan bahasa pemrograman java.
4. Interpreted
Pemrograman java dijalankan melalui interpreter yaitu Java Virtual Machine. Hal ini menyebabkan kode java yang telah dikompilasi menjadi java bytecodes dan dapat dijalankan pada platform yang berbeda - beda.
5. Robust
Java mempunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada java mempunyai kemampuan untuk mendeteksi terjadinya error dalam program dengan lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java juga memiliki runtime Exception handling untuk membantu mengatasi error dalam penulisan kode program.
6. Secure
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, java juga memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga agar aplikasi tidak digunakan untuk merusak atau mengganggu sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
7. Architecture Neutral
Bahasa pemrograman java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.
8. Portable
Source code atau kode program maupun program java dapat dibawa ke platform yang berbeda - beda tanpa harus dikompilasi ulang.
9. Performance
Performance pada java sering dikaitkan kurnag tinggi, Namun performance java dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan kompilasi java lain seperti buatan Inprise, Microsoft ataupun Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT)
10. Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat mengerjakan beberapa tugas dengan cara sekaligus dan secara simultan.
11. Dynamic
Java dibangun dan didesain untuk dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa akan mengganggu program yang menggunakan class yang ada pada program java tersebut.
2.4 Kelebihan dan kekurangan java
  Kelebihan :
  • Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
  • OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
  • Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan computer
  • Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
Kekurangan :
  • Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
  •  Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

 

2.5 Struktur Dasar Program Java

Struktur program Java secara umum dibagi menjadi 4 bagian:

1.    Deklarasi Package
2.    Impor Library
3.    Bagian Class
4.    Method Main
Mari kita lihat contohnya:
package com.petanikode.program; //<- 1. deklarasi package
 
import java.io.File; //<- 2. Impor library
 
class Program { //<- 3. Bagian class
 
    public static void main(String args[]){ //<- 4. Method main
        System.out.println("Hello World");
    }
 
}

1. Deklarasi Package

Package merupakan sebuah folder yang berisi sekumpulan program Java.Deklarasi package biasanya dilakukan saat membuat program atau aplikasi besar.Contoh deklarasi package:
package com.petanikode.program;
Biasanya nama package mengikuti nama domain dari sebauh vendor yang mengeluarkan program tersebut. Pada contoh di atas, com.petanikode adalah nama domain dari petani kode. Aturannya: nama domain dibalik, lalu diikuti nama programnya.
Bagaimana kalau kita tidak mendeklarasikan package? Boleh-boleh saja dan programnya akan tetap bisa jalan. Tapi nanti saat produksi, misalnya saat membuat aplikasi Android. Kita wajib mendeklarasikan package.

2. Bagian Impor

Pada bagian ini, kita melakukan impor library yang dibutuhkan pada program. Library merupakan sekumpulan class dan fungsi yang bisa kita gunakan dalam membuat program. Contoh impor library:
import java.util.Scanner;
Pada contoh tersebut, kita mengimpor class Scanner dari package java.util.

3. Bagian Class

Java merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan paradigma OOP(Object Oriented Programming). Setiap program harus dibungkus di dalam class agar nanti bisa dibuat menjadi objek.
Kalau kamu belum paham apa itu OOP? Cukup pahami class sebagai deklarasi nama program.
class NamaProgram {
    public static void main(String args[]){
        System.out.println("Hello World");
    }
}
Ini adalah blok class. Blok class dibuka dengan tanda kurung kurawal { kemudian ditutup atau diakhiri dengan }. Di dalam blok class, kita dapat mengisinya dengan method atau fungsi-fungsi dan juga variabel. Pada contoh di atas, terdapat method main().

4. Method Main

Method main() atau fungsi main() merupakan blok program yang akan dieksekusi pertama kali. Ini adalah entri point dari program. Method main() wajib kita buat. Kalau tidak, maka programnya tidak akan bisa dieksekusi. Contoh method main().
public static void main(String args[]){
    System.out.println("Hello World");
}
Penulisannya harus seperti ini…
Method main() memiliki parameter args[]. Parameter ini nanti akan menyimpan sebuah nilai dari argumen di command line. Lalu di dalam method main(), terdapat statement atau fungsi:
System.out.println("Hello World");
Ini adalah fungsi untuk menampilkan teks ke layar monitor.

2.6  Pembahasan Hasil Praktikum
Latihan 1
1. Buka editor Netbeans
2. Klik menu File > New Project atau tekan tombol Ctrl+Shift+N pada keyboard.
3.  Pada  bagian  Catagories  pada  kotak  dialog  New  Project  pilih  Java  dan  padabagian Project pilih Java Application. Setelah itu klik tombol Next.
4.  Pada kotak dialog New  Java Application, hilangkan tanda cek pada  Create Main Class.  Kemudian  beri  nama  Modul_01  pada  bagian  Project  Name  dan  pada Project  Location isi  dengan lokasi  dimana  anda akan  menyimpan  projek yang anda buat, misalkan D:\KAMPUS\Latihan_BP1. Setelah itu klik tombol Finish.
5. Langkah  selanjutnya  klik  kanan  pada  Project  Modul_01  di  jendela  Projects, kemudian klik menu New > Java Class…
6.  Setelah muncul  wizard New  Java Class,  beri nama Latihan_01,  setelah itu  klik tombol Finish.
7.  Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut :

8.  Untuk mengetahui hasilnya lakukan klik kana pada file Latihan_01.java dan pada menu popup yang muncul klik Run File.
9.  Amati hasilnya pada jendela Output.


Latihan 2
1.      Buat  file  Java  Class  baru  pada  projek  yang  sudah  dibuat  yaitu Modul_01,  beri  nama
2.      Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut :




3.  Jalankan Program yang telah dibuat dan amati hasilnya


Latihan 3
1.  Buat  file  Java  Class  baru  pada  projek  yang  sudah  dibuat  yaitu Modul_01,  beri  nama Latihan_03
2.  Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut :



3.  Jalankan Program yang telah dibuat dan amati hasilnya

Latihan 4
1.  Buat  file  Java  Class  baru  pada  projek  yang  sudah  dibuat  yaitu Modul_01,  beri  nama Latihan_04
2.  Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut :

3.  Jalankan Program yang telah dibuat dan amati hasilnya


2.7 POST TEST
1.    Buatlah Project baru beri nama  PostTes_01 dan didalamnya buatkan 2 buah java class  masing  masing  dengan  nama  Latihan_01.java  dan  latihan_02.java yang digunak untuk menampilkan biodata  anda yang terdiri dari NIM, Nama,  Alamat, email dan Nomor HP. Buat tampilan di Console dan JoptionPane

 Latihan_01
Syntax :


Hasil Running Program :


Latihan_02
Syntax :

Hasil Running Program :




BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari beberapa bahasan mengenai pemrograman java diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Java merupakan suatu teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform yaitu di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java. James Gosling, selaku pencipta dan penemu bahasa pemrograman Java yang lahir pada 19 Mei 1956 dari tiga bersaudara di dekat Calgary, Kanada. Sejak kecil dia memang sangat tertarik dengan elektronika. Pada mulanya bahasa pemrograman yang ditemukan oleh James hendak dinamakan Oak, namun karena nama tersebut sudah digunakan perusahaan lain maka namanya berganti menjadi Java. Asal mula penamaan Java oleh James karena James sangat menyukai minuman kopi tubruk yang konon katanya berasal dari pulau Jawa. Itulah sebabnya dinamakan Java yang merupakan bahasa Inggris dari Jawa.
Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak terikat pada arsitektur tertentu. setelah melalui beberapa transformasi dan proses, Sun akhirnya meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot Java yang mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang memungkinkan program Java dijalankan di browser Netscape sejak January 1996 yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer. Karena keunikan dan kelebihannya, teknologi Java mulai menarik banyak vendor terkemuka seperti IBM, Symantec, Inprise, dll.
Akhirnya Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2 yang menghasilkan banyak peningkatan dan perbaikan sehingga mulai versi ini Java disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya Swing yang merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan aplikasi window yang benar-benar portabel.
Dan pada tahun-tahun berikutnya (1998-1999) lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis J2SE yang diawali dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading mengakibatkan Java menjadi cepat populer di lingkungan server side.
Terakhir teknologi Java melahirkan J2ME (Java 2 Micro Edition) yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens, SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games maupun software bisnis dan berbagai jenis software lain yang dapat dijalankan di peralatan mobile seperti ponsel.
3.2 Saran
            Dalam pembuatan makalah ini, saya merasa ada banyak kekurangan baik itu dari segi penulisan, tata letak penyajian maupun kosa kata yang mungkin agak kurang proporsional. Untuk itu bagi yang membaca makalah saya ini, bila anda menemui suatu kejanggalan, kekurangan atau sesuatu hal yang kurang pas saya mohon untuk memberi saran atau masukan yang membangun dan bermanfaat dari anda sekalian. Saran dari anda yang membaca makalah ini sangat bermanfaat dan dapat membantu menyempurnakan makalah yang kurang sempurna ini.



DAFTAR PUSTAKA

Septialutfi.(2016,18 Desember).Teknologi informasi dan komunikasi.Diakses pada 18 Desember 2016, dari http://septialutfi-1102412108-03.blogspot.com/p/makalahteknologi-informasi-dan.html?m=1
wildaniaamini.(2013,21 Maret).Sejarah java.Diakses pada 21 maret 2013 dari http://wildaniaamini0.blogspot.com/2013/03/makalah-sejarah-java.html?m=1
Bukaakal.(2015,8 Mei).Karakteristik.Diakses pada 8 mei 2015 http://bukaakal.blogspot.com/2015/05/karakteristik-java.html?m=1



                

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 Modul 4 "Statement Perulangan"

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 Modul 5 "Array"