Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 Modul 1 "Pengenalan Java"
LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 1
“Pengenalan Java”
Dosen : Dede Irawan, M.Kom
Disusun Oleh:
Nama :
Meira Jamilah
NIM :
20180910026
Prodi :
Sistem Informasi 2018 A
FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019
Kata Pengantar
Puji syukur kita
panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat
menyelesaikan Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 “Pengenalan Java”. Adapun tujuan penulisan Laporan praktikum ini adalah
untuk memenuhi tugas mata kuliah bahasa pemrograman 1. Penulisan
Laporan Praktikum ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca khususnya pada
mata kuliah Bahasa pemograman 1 tentang Pengertian sejarah,karakteristik,kelebihan dan kekurangan bahasa
pemrograman java,struktur dasar pemrograman java dan contohnya.
Meskipun dalam penyusunan paper ini
penulis banyak menemukan kesulitan.Akan tetapi karena dorongan dan motivasi
dari berbagai pihak laporan praktikum ini dapat terselesaikan tepat pada
waktunya.
Penulis menyadari bahwa pada
penulisan laporan praktikum ini masih terdapat kekurangan.Oleh karena itu,
penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun.
Dan semoga laporan praktikum ini
dapat bermanfaaat bagi semua pihak yang membacanya (aamiin).
Kuningan,13 Agustus 2019
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..............................................................................................................
DAFTAR ISI.........................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN......................................................................................................
1.1 Latar Belakang........................................................................................................
1.2 Rumusan Masalah..................................................................................................
BAB II : PEMBAHASAN.......................................................................................................
2.1 Pengertian Java.......................................................................................................
2.2 Sejarah Java............................................................................................................
2.3 Karakteristik Java.....................................................................................................
2.4 Kelebihan dan Kekurangan Java.............................................................................
2.5 Struktur Dasar Pemrograman
Java dan Contohnya......................................................
2.6 Pembahasan Hasil Praktikum................................................................................
2.7 Post Test.................................................................................................................
BAB III : PENUTUP...............................................................................................................
3.1 Kesimpulan...........................................................................................................
3.2 Saran.....................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Perkembangan
dunia informasi dan teknologi sangat cepat pada dasawarsa terakhir sejak
dimulainya era millennium. Perkembangan itu salah satunya ditandai dengan
keberadaan aplikasi java yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang
dihadirkan aplikasi java sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan
manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, game dan sebagainya.
Selain
keuntungan tersebut, keistimewaan lain aplikasi java adalah kemudahan akses
atau pengoperasiannya yang dapat dilakukan siapapun mulai dari
anak-anak sampai orang dewasa. Maka tidak mengherankan jika aplikasi java telah
menjadi konsumsi publik sebagaian besar masyarakat Indonesia.
Keberadaan
aplikasi java telah menghadirkan nuansa tersendiri di tengah masyarakat karena selalu
mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas demi menambah kepuasan pelanggan
menjadi sisi yang paling ditonjolkan. Hal ini tentu saja semakin
memantapkan posisinya sebagai bagian kebutuhan masyarakat. Ia telah menjadi
bagian hidup masyarakat masa kini.
Salah
satu aplikasi yang ditawarkan oleh java yang sekarang digemari adalah opera mini,
Game hp dan aplikasi lainnya yang difungsikan sebagai media komunikasi dunia
maya dan hiburan. jutaan penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini
menjadikan aplikasi java sebagai alat komunikasi modern tanpa batas karena
mengabaikan jarak, waktu,dan tempat.Sehingga aplikasi java sering di gunakan
untuk kehidupan sehari dan orang tergantung dengan adannya aplikasi java.
1.2 Rumusan
Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan Java?
2. Bagaimana mengenai sejarah Java?
3. Jelaskan Karakteristik bahasa pemrograman Java ?
4. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang
dimiliki bahasa pemrograman Java?
5. Apa
itu struktur dasar pemrograman java dan contohnya ?
6. Bagaimana
pembahasan hasil praktikumnya ?
7. Bagaimana hasil post testnya ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Java
Java adalah bahasa pemrograman yang
dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini
awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat
ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak
mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model
objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal.
Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode)
dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan
bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan
secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal
mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu
berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula
dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java
merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas
dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun
aplikasi
2.2 Sejarah Java
Bahasa pemrograman java dibuat pada
tahun 1991 oleh James Gosling, seorang ahli pemrograman yang bekerja di Sun
Microsystem. Awalnya bahasa pemrograman ini diberi nama Oak. Yang mendapat
inspirasi dari sebuah pohon yang berada di seberang kantornya. Akan tetapi nama
Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya, maka
kemudian Sun mengganti namanya menjadi java.
Nama java sendiri diinspirasi saat
Gosling dan rekannya sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang
kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka menyebutkan kata java yang
mengandung arti kopi. Akhirnya mereka sepakat untuk memberikan nama bahasa
pemrograman tersebut dengan java.
Karena pada awalnya java ditujukan
untuk pemrograman peralatan sederhana atau kecil, java memiliki karakteristik
berukuran kecil, efisien, dan portabel untuk berbagai piranti keras. Salah satu
dari proyek pertama yang dikembangkan menggunakan java sebuah remote kontrol
yang diberi nama Star 7.
Pada saat yang sama, World Wide Web
dan Internet berkembang sangat cepat. Gosling menyadari bahwa java dapat
digunakan untuk pemrograman Internet. Selanjutnya java diarahkan untuk perkembangan
Internet. Setelah melalui beberapa perubahan dan proses, Sun meluncurkan
browser dari java yang disebut Hot Java yang mampu menjalankan applet.
Teknologi ini kemudian diadopsi oleh Netscape. Beberapa waktu kemudian Internet
Explorer juga mengadopsi teknologi tersebut, sehingga selain dapat dijalankan
pada browser Netscape, program Java juga dapat dijalankan pada browser Internet
Explorer.
Pada awal tahun 1996, Sun secara resmi
meliris versi awal Java yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1
(Java Development Kit versi 1.1). Perkembangan terus dilakukan, sehingga muncul
versi terbaru yang disebut dengan Java 2. Perubahan utama antara versi 2 dengan
versi sebelumnya adalah adanya swing yang merupakan teknologi Graphical User
Interface (GUI) yang mampu menghasilkan aplikasi desktop yang benar-benar
portabel.
Pada tahun 1998-1999 diluncurkan
teknologi Java yang berbasis Enterprise yang disebut J2EE (Java 2
Enterprise Edition) J2EE adalah salah satu java family suite, yang menjadi
standard penting untuk mengembangkan enterprise aplikasi multitier berbasis
komponen.
Kelebihan Java dalam lingkungan jaringan dan terdistribusi serta memiliki
kemampuan multithreading, menjadikan Java cepat populer di lingkungan server.
Selain, teknologi berbasis server,
applet, dan desktop, java juga mengembangkan teknologi berbasis mobile yaitu
J2ME (Java 2 Micro Edition). Dengan J2ME ini, programmer dapat membuat aplikasi
untuk perangkat bergerak.
2.3 Karakteristik Java
1. Sederhana.
Bahasa java menggunakan sintaks yang
mirip dengan bahasa pemrograman C++ namun, sintaks pada bahasa pemrograman java
telah banyak yang diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer relatif
rumit dan multiple inheritance. Java menggunakan automatic memory allocation
dan memory garbage collection.
2. Berorientasi Objek
Java menggunakan pemrograman
berorientasi object yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat
juga dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi object memodelkan dunia
nyata kedalam sebuah object dan dapat melakukan sebuah interaksi antar objek -
objek.
3. Terdistribusi
Java dibangun untuk membuat sebuah
aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang
sudah terintegrasi dengan bahasa pemrograman java.
4. Interpreted
Pemrograman java dijalankan melalui
interpreter yaitu Java Virtual Machine. Hal ini menyebabkan kode java yang
telah dikompilasi menjadi java bytecodes dan dapat dijalankan pada platform
yang berbeda - beda.
5. Robust
Java mempunyai reliabilitas yang
tinggi. Compiler pada java mempunyai kemampuan untuk mendeteksi terjadinya
error dalam program dengan lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain.
Java juga memiliki runtime Exception handling untuk membantu mengatasi error
dalam penulisan kode program.
6. Secure
Sebagai bahasa pemrograman untuk
aplikasi internet dan terdistribusi, java juga memiliki beberapa mekanisme
keamanan untuk menjaga agar aplikasi tidak digunakan untuk merusak atau
mengganggu sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
7. Architecture Neutral
Bahasa pemrograman java merupakan
platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat
dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.
8. Portable
Source code atau kode program maupun
program java dapat dibawa ke platform yang berbeda - beda tanpa harus
dikompilasi ulang.
9. Performance
Performance pada java sering dikaitkan
kurnag tinggi, Namun performance java dapat ditingkatkan dengan cara
menggunakan kompilasi java lain seperti buatan Inprise, Microsoft ataupun
Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT)
10. Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat
suatu program yang dapat mengerjakan beberapa tugas dengan cara sekaligus dan
secara simultan.
11. Dynamic
Java dibangun dan didesain untuk
dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan
menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa akan mengganggu
program yang menggunakan class yang ada pada program java tersebut.
2.4 Kelebihan dan kekurangan java
Kelebihan :
- Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan
di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip
tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup
menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti
manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat
dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini
memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating
system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows.
Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux,
Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi
menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs
Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
- OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi
Objek) Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan
library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman
java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk
membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan
keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat
perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan
pembangunan aplikasi.
- Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++
sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini
pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang
pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai
berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena
lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang
bukan mengambil jurusan computer
- Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan
penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan
memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai
secara luas).
Kekurangan :
- Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal
yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk
J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada
Mac OS X.
- Mudah didekompilasi.
Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber.
Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan
banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan
tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan
demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan
dan mudah dibajak/direverse-engineer.
- Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis
Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya
seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal).
Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi
terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi
masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer
berumur lebih dari 4 tahun.
2.5 Struktur
Dasar Program Java
Struktur
program Java secara umum dibagi menjadi 4 bagian:
1.
Deklarasi
Package
2.
Impor
Library
3.
Bagian
Class
4.
Method
Main
Mari kita lihat contohnya:
package com.petanikode.program; //<- 1. deklarasi package
import java.io.File; //<- 2. Impor library
class Program { //<- 3. Bagian class
public static void main(String args[]){ //<- 4. Method main
System.out.println("Hello World");
}
}
1. Deklarasi
Package
Package merupakan sebuah folder yang berisi
sekumpulan program Java.Deklarasi package biasanya dilakukan saat membuat
program atau aplikasi besar.Contoh deklarasi package:
package com.petanikode.program;
Biasanya nama package mengikuti nama domain
dari sebauh vendor yang mengeluarkan program tersebut. Pada contoh di atas,
com.petanikode
adalah nama domain dari petani kode. Aturannya:
nama domain dibalik, lalu diikuti nama programnya.
Bagaimana kalau kita tidak mendeklarasikan package?
Boleh-boleh saja dan programnya akan tetap bisa jalan. Tapi nanti saat
produksi, misalnya saat membuat aplikasi Android. Kita wajib
mendeklarasikan package.
2. Bagian
Impor
Pada bagian ini, kita melakukan impor library
yang dibutuhkan pada program. Library merupakan sekumpulan class dan fungsi yang bisa kita gunakan dalam membuat program. Contoh
impor library:
import java.util.Scanner;
Pada contoh tersebut, kita mengimpor class
Scanner
dari package java.util
.
3. Bagian
Class
Java merupakan bahasa pemrograman yang
menggunakan paradigma OOP(Object Oriented Programming). Setiap program harus dibungkus di dalam
class agar nanti bisa dibuat menjadi objek.
Kalau kamu belum paham apa itu OOP? Cukup
pahami class sebagai deklarasi nama program.
class NamaProgram {
public static void main(String args[]){
System.out.println("Hello World");
}
}
Ini adalah blok class. Blok class dibuka
dengan tanda kurung kurawal
{
kemudian ditutup atau diakhiri dengan }
. Di dalam blok class, kita dapat mengisinya
dengan method atau fungsi-fungsi dan juga variabel. Pada contoh di atas,
terdapat method main()
.
4. Method Main
Method
main()
atau fungsi main()
merupakan blok program yang akan dieksekusi
pertama kali. Ini adalah entri point dari program. Method main()
wajib kita buat. Kalau tidak, maka programnya
tidak akan bisa dieksekusi. Contoh method main()
.public static void main(String args[]){
System.out.println("Hello World");
}
Penulisannya harus seperti ini…
Method
main()
memiliki parameter args[]
. Parameter ini nanti akan menyimpan sebuah
nilai dari argumen di command line. Lalu di dalam method main()
, terdapat statement atau fungsi:System.out.println("Hello World");
Ini adalah fungsi untuk menampilkan teks ke
layar monitor.
2.6 Pembahasan
Hasil Praktikum
Latihan 1
1. Buka
editor Netbeans
2. Klik menu File > New Project atau tekan
tombol Ctrl+Shift+N pada keyboard.
3.
Pada bagian Catagories
pada kotak dialog
New Project pilih
Java dan padabagian Project pilih Java Application.
Setelah itu klik tombol Next.
4.
Pada kotak dialog New Java
Application, hilangkan tanda cek pada
Create Main Class. Kemudian
beri nama Modul_01
pada bagian Project
Name dan pada Project
Location isi dengan lokasi dimana
anda akan menyimpan projek yang anda buat, misalkan D:\KAMPUS\Latihan_BP1.
Setelah itu klik tombol Finish.
5. Langkah
selanjutnya klik kanan
pada Project Modul_01
di jendela Projects, kemudian klik menu New > Java Class…
6.
Setelah muncul wizard New Java Class,
beri nama Latihan_01, setelah
itu klik tombol Finish.
7.
Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut :
8.
Untuk mengetahui hasilnya lakukan klik kana pada file Latihan_01.java
dan pada menu popup yang
muncul klik Run File.
9.
Amati hasilnya pada jendela
Output.
Latihan 2
1. Buat file
Java Class baru
pada projek yang
sudah dibuat yaitu Modul_01,
beri nama
2.
Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut :
3. Jalankan Program yang telah dibuat dan amati
hasilnya
Latihan 3
1.
Buat file Java
Class baru pada
projek yang sudah
dibuat yaitu Modul_01,
beri nama Latihan_03
2.
Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut :
3. Jalankan Program yang telah dibuat dan amati hasilnya
Latihan 4
1.
Buat file Java
Class baru pada
projek yang sudah
dibuat yaitu Modul_01,
beri nama Latihan_04
2.
Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut :
3. Jalankan Program yang telah
dibuat dan amati hasilnya
2.7 POST
TEST
1.
Buatlah Project baru beri nama PostTes_01 dan didalamnya buatkan 2 buah java class
masing masing dengan
nama Latihan_01.java dan
latihan_02.java yang digunak untuk menampilkan biodata
anda yang terdiri dari NIM, Nama,
Alamat, email dan
Nomor HP. Buat tampilan di Console dan JoptionPane
Latihan_01
Syntax :
Hasil
Running Program :
Latihan_02
Syntax
:
Hasil Running Program
:
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari beberapa
bahasan mengenai pemrograman java diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Java merupakan suatu
teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemrograman
yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri, juga mencakup Java
sebagai platform yaitu di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan
library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis
dengan bahasa pemrograman java. James Gosling, selaku pencipta dan penemu bahasa
pemrograman Java yang lahir pada 19 Mei 1956 dari tiga bersaudara di dekat Calgary,
Kanada. Sejak kecil dia memang sangat tertarik dengan elektronika. Pada mulanya
bahasa pemrograman yang ditemukan oleh James hendak dinamakan Oak, namun karena
nama tersebut sudah digunakan perusahaan lain maka namanya berganti menjadi
Java. Asal mula penamaan Java oleh James karena James sangat menyukai minuman
kopi tubruk yang konon katanya berasal dari pulau Jawa. Itulah sebabnya
dinamakan Java yang merupakan bahasa Inggris dari Jawa.
Java diciptakan oleh suatu tim yang
dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun
Microsystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa
komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak
terikat pada arsitektur tertentu. setelah melalui beberapa transformasi dan
proses, Sun akhirnya meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot Java yang
mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang
memungkinkan program Java dijalankan di browser Netscape sejak January 1996
yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer. Karena keunikan dan kelebihannya,
teknologi Java mulai menarik banyak vendor terkemuka seperti IBM, Symantec,
Inprise, dll.
Akhirnya Sun merilis versi awal Java
secara resmi pada awal 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK
1.1 kemudian JDK 1.2 yang menghasilkan banyak peningkatan dan perbaikan
sehingga mulai versi ini Java disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya
Swing yang merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan
aplikasi window yang benar-benar portabel.
Dan pada tahun-tahun berikutnya
(1998-1999) lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis
J2SE yang diawali dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java
di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading
mengakibatkan Java menjadi cepat populer di lingkungan server side.
Terakhir teknologi Java melahirkan
J2ME (Java 2 Micro Edition) yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens,
SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games
maupun software bisnis dan berbagai jenis software lain yang dapat dijalankan
di peralatan mobile seperti ponsel.
3.2 Saran
Dalam pembuatan makalah ini, saya merasa ada banyak kekurangan baik itu
dari segi penulisan, tata letak penyajian maupun kosa kata yang mungkin agak
kurang proporsional. Untuk itu bagi yang membaca makalah saya ini, bila anda menemui
suatu kejanggalan, kekurangan atau sesuatu hal yang kurang pas saya mohon untuk
memberi saran atau masukan yang membangun dan bermanfaat dari anda sekalian.
Saran dari anda yang membaca makalah ini sangat bermanfaat dan dapat membantu
menyempurnakan makalah yang kurang sempurna ini.
DAFTAR PUSTAKA
Septialutfi.(2016,18 Desember).Teknologi informasi dan komunikasi.Diakses pada
18 Desember 2016, dari http://septialutfi-1102412108-03.blogspot.com/p/makalahteknologi-informasi-dan.html?m=1
wildaniaamini.(2013,21 Maret).Sejarah java.Diakses pada 21 maret 2013 dari http://wildaniaamini0.blogspot.com/2013/03/makalah-sejarah-java.html?m=1
Bukaakal.(2015,8 Mei).Karakteristik.Diakses pada 8 mei 2015 http://bukaakal.blogspot.com/2015/05/karakteristik-java.html?m=1
Komentar
Posting Komentar