TUGASS E-CLASS BAHASA PEMROGRAMAN 2
LAPORAN
BAHASA
PEMROGRAMAN 2
Dosen : Dede Irawan,M.Kom
Disusun oleh :
Meira Jamilah (20180910026)
JURUSAN SISTEM
INFORMASI
FAKULTAS ILMU
KOMPUTER
UNIVERSITAS
KUNINGAN
2019/2020
Jl.
Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan, Jawa Barat 45513 (0232)
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah memberikan nikmat
kepada kita semua, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan Laporan ini
dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Bahasa pemrograman 2. Dosen pembimbing Dede Irawan,M.Kom Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Kuningan. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada
Nabi Muhammad Salallahualaihiwasalam, keluarga, shahabat serta para pengikutnya
hingga akhir zaman nanti.
Kami menyadari
penulisan laporan ini jauh dari sempurna, maka dari itu kami mengharapkan kritk
dan saran untuk kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memenuhi
tugas mata kuliah Pancasila, serta dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya
bagi kita semua.
Kuningan, 22 Maret 2020
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR..........................................................................................
DAFTAR
ISI........................................................................................................
BAB
1 PENDAHULUAN.................................................................................
A. Landasan
Teori............................................................................................
B. Tujuan..........................................................................................................
BAB
II PEMBAHASAN...................................................................................
A. Tugas E-Class
Bahasa Pemrograman 2......................................................
BAB
III PENUTUP............................................................................................
A.
Kesimpulan...................................................................................................
B. Saran.............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Landasan teori
Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development
Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di
atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi
dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows,
linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di
integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic
User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu
debugger.
Netbeans juga dapat digunakan progammer untuk menulis,
meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis
dalam bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahasa pemrograman
lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat
professional dekstop, enterprise, web, and mobile applications dengan Java
language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy,
dan Ruby.
Dalam perancangan tampilan antar muka program
Neatbeans menyediakan pallate yang berisi komponen-komponen yang akan digunakan
dalam pembuatan aplikasi java berbasis GUI.
B. Tujuan
-Untuk
memenuhi tugas E-Class Bahasa Pemrograman 2
BAB II
PEMBAHASAN
- TUGAS E-CLASS BAHASA PEMROGRAMAN 2
Lengkapi form login lengkap dengan pembagian hak akses (Admin,
Kasir, dan Pemilik)
1.1 - Buatlah database si2018a, yang terdiri dari 5 tabel yaitu
:
·
Tabel barang :barang(kd_barang varchar(10)
Primary Key, nmBarang varchar(50), satuan varchar(50), stok int(11), harga
int(11));
·
Tabel dpenjualan :Dpenjualan(idDPenjualan
int(11) Primary Key, NoNota varchar(10), kdBarang varchar(!0), Jumlah int(11), Harga
int(11));
·
Tabel pelanggan :Pelanggan(kd_pelanggan
varchar(10) Primary Key, nmPelanggan varchar(50), AlamatPelanggan varchar(100),
point int(11));
· Tabel kasir :kasir(kd_kasir varchar(10) Primary Key, nmKasir varchar(50), Alamat varchar(100), level enum (Admin,Kasir,Pemilik));
·
Tabel penjualan :Penjualan(NoNota varchar(10)
Primary Key,tgl date, kd_pelanggan varchar(10), kd_kasir varchar(10));
- Setelah membuat tabel, lalu isi tabel yang terdapat
pada database_si2018a .
Tabel kasir


1.2 Buatlah new project java netbeans yang bernama SI2018A yang
terdiri dari 5 package yaitu:
o koneksi
-
setelah
membuat package koneksi,lalu buat class koneksi
kodingan diatas fungsinya untuk menghubungkan java dengan
database_si2018a. Pastikan database terhubung dengan program java netbeans.
o Login
-
Setelah membuat package Login,lalu buat form login
o Admin
-
Setelah membuat package Admin, lalu buat Form Admin Utama yang terdiri
dari 3 menu bar yaitu Profile, Kasir, Pemilik. Didalam menu bar Profile
terdapat menu item Admin
-
Setelah
membuat Form Admin Utama, lalu buat Form Profil
o Kasir
-
Setelah membuat package Kasir, lalu buat Form Kasir Utama yang terdiri
dari 3 menu bar yaitu Profile, Admin, Pemilik. Didalam menu bar Profile
terdapat menu item Admin
-
Setelah
membuat Form Kasir Utama, lalu buat Form Profil
o Pemilik
-
Setelah membuat package Pemilik, lalu buat Form Pemilik Utama yang terdiri
dari 3 menu bar yaitu Profile, Admin, Kasir. Didalam menu bar Profile terdapat
menu item Admin
-
Setelah
membuat Form Pemilik Utama, lalu buat Form Profil
Source kode untuk menghubungkan antar form admin utama
dan form profile, form kasir utama dan form profile,form pemilik utama dan form
profil

Hasil Running
Kemudian, ulangi dengan memasukan data yang berbeda
level:
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development
Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di
atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi
dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows,
linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di
integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic
User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu
debugger.
B. SARAN
Untuk
menyempurnakan makalah ini, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca
atau pihak yang menggunakan makalah ini. Berpegang pada prinsip tidak ada
gading yang tidak retak dan tidak ada final dalam ilmu. Dengan kerendahan hati
penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah ini, dengan senang hati
kritik dan saran dan pandangan dari berbagai pihak untuk menyempurnakan makalah
ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar